PENGENALAN REFORMASI BIROKRASI GAKKUM
Halooo..... Sobat Reform Gakkum!
Selamat datang pada laman reformasi birokrasi Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Pada laman ini sobat reform akan menemukan berbagai informasi seputar aktivitas Reformasi Birokrasi yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan di lingkungan Ditjen Gakkum LHK. Selain itu, di laman ini kamu juga akan memperoleh banyak pengetahuan mengenai tata kelola organisasi publik agar kita bisa bersama-sama membawa Ditjen Gakkum LHK menjadi birokrasi berkelas dunia (world class bureaucracy) di tahun 2024.
SALAM REFORMASI BIROKRASI!!!!
TIM REFORMASI BIROKRASI DAN RENCANA KERJA REFORMASI BIROKRASI DITJEN GAKKUM 2020-2024
Halooo..... Sobat Reform Gakkum!
Reformasi birokrasi merupakan program pelaksanaan perbaikan dan pambaharuan yang mendasar terhadap sistem penyelenggaraan urusan pemerintahan menuju good governance. Oleh karena itu, sebagai unsur pelaksana penegakkan hukum, Ditjen Gakkum LHK kerap berperan sebagai perisai dalam mengatasi ancaman dan menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia. Melalui reformasi birokrasi, diharapkan akan tercipta modernisasi menuju birokrasi yang kapabel, akuntabel dan memberikan pelayanan publik bidang penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan yang prima. Ruang lingkup implementasi reformasi birokrasi mencakup 8 area perubahan yaitu manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan organisasi, penataan tata laksana, penataan SDM Aparatur, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan pelayanan publik.
Pertanyaannya kemudian adalah, siapa sih yang bertanggung jawab untuk melakukan perubahan di ke-delapan area perubahan itu???
Jawabnya adalah KITA SEMUA selaku ASN di Ditjen Gakkum sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing jabatan yang diemban di organisasi.
Naaah...dalam rangka mempermudah implementasi seluruh agenda reformasi birokrasi yang disusun, maka dibentuklah Tim Reformasi Birokrasi Ditjen Gakkum. Tim ini akan mengawal pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi atas seluruh agenda RB yang disusun pada level unit kerja eselon I Ditjen Gakkum.
Adapun susunan tim Reformasi Birokrasi dapat dilihat pada tautan berikut ini ya Sobat Reform semua.....:)
SK.12 Tim Reformasi Birokrasi Ditjen Gakkum LHK.
Selain dibentuk tim, Ditjen Gakkum juga sudah menyusun rencana aksi sebagai pedoman bertindak oleh Tim RB Ditjen Gakkum LHK dalam mempercepat implementasi reformasi birokrasi. Rencana Aksi (Renaksi) Reformasi Birokrasi Ditjen Gakkum LHK Tahun 2020-2024 ini digunakan juga sebagai acuan dalam penyusunan Renaksi Kerja Reformasi Birokrasi di seluruh Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Untuk mengetahui apa saja Rencana Aksi Reformasi Birokrasi Ditjen Gakkum LHK tahun 2020-2024, Sobat Reform bisa meng-klik pada tautan berikut ya....:)
Rencana Aksi RB pada Ditjen Gakkum LHK tahun 2020-2024.
SALAM REFORMASI BIROKRASI!!!!